11 Gunung Tertinggi di Indonesia yang Cocok Untuk Didaki

Halo Sobat :)
Alam Ciptaan Allah SWT memang Penuh kejutan, dengan Berbagai Fenomena Menakjubkan, di Tempat-tempat Luar Biasa yang Bahkan tak pernah kita bayangkan. Tidak akan ada Batas dimana kita dapat berhenti Memuja KebesaranNya . . .

Nah Sobat, Salah satu Ciptaan luar Biasa dari Allah SWT di Alam Indonesia adalah Gunung. Banyak sekali Gunung di Indonesia baik yang Bisa Meletus ( Gunung Berapi ) maupun yang tidak Bisa Meletus ( Tidak Berapi ), Yang Boleh didaki maupun Tidak Boleh Didaki. Gunung-gunung Tersebut Tersebar di Berbagai Daerah di Indonesia, Seperti Papua, Jawa, Sulawesi, dll.

Gunung Tertinggi Di Indonesia


Gunung-gunung Tersebut Menjadi Tujuan Banyak Pendaki karena Trek nya yang Lumayan menantang, Atau Pemandangan yang Luar Biasa ketika Sudah Mencapai Puncak.

Apa Saja Gunung Tertinggi Di Indonesia? Sebenarnya Sangat Banyak Gunung Tinggi Di Indonesia, Namun Won-Borneo telah Merangkumnya Menjadi 11 Gunung Tertinggi di Indonesia yang Wajib ( Bila Memungkinkan ) Kamu Daki untuk lebih Mengagumi CiptaanNya :

1. Puncak Jaya ( 4884 m )

Puncak Jaya

Menempati Posisi pertama, Adalah Gunung Puncak Jaya dari Papua. Dengan ketinggian hingga 4884 m, Gunung ini Ternyata adalah Gunung Paling Tinggi di Indonesia loh Sobat! Dan Karena ketinggiannya, Puncak dari Gunung ini sangat dingin, bahkan hingga menghasilkan Salju. Gunung ini adalah Satu-satunya tempat di Indonesia yang Terdapat Salju! Benar-Benar Luar Biasa Bukan? Di Sekitar Puncak Gunung ini juga terdapat Gletser Carstensz, Gletser Tropika Satu-satunya di Indonesia, Namun sayang sekali karena Ulah Manusia yang menyebabkan Pemanasan Global, Gletser ini akan Segera Lenyap. Kabarnya Juga, Gunung ini Masuk ke Daftar 7 Puncak Tertinggi Dunia Loh!

2. Puncak Mandala ( 4760 m )

Puncak Mandala

Masih dari Papua, seakan tak ada Habis habisnya, Adalah Gunung Puncak Mandala. Gunung ini pernah Dinamai Puncak Juliana Atau Julianatop ketika masa Penjajahan Belanda. Dengan ketinggian 4760 m, Gunung ini mendapat Posisi kedua setelah Puncak Jaya. Pendakian Pertama gunung ini dilakukan pada Tanggal 9 September 1959. Gunung ini masuk ke Jajaran Pegunungan JayaWijaya.

3. Puncak Trikora ( 4750 m )

Puncak Trikora

Papua lagi-lagi memberi Kejutan. Dengan Ketinggian 4750 m, Puncak Trikora menempati Posisi Ketiga sebagai Gunung Tertinggi di Indonesia. Dan Tiga Gunung paling Tinggi di Indonesia ini Bisa Dipanggil "Trio Puncak" ,Wkwk. Pernah pada Masa Penjajahan Belanda, Gunung ini  Pernah Diberi Nama Wihelmiatop Atau Puncak Wihelmia. Gunung Ini Terletak di Papua Barat.

4. Ngga Plimsit ( 4717 m )

Ngga Plimsit

Bertekad ingin memborong semua Tempat, Papua lagi-lagi Mempersembahkan Gunung Tinggi lagi yang Dinamai Ngga Plimsit. Gunung ini Hanya Lebih Rendah beberapa Puluh Meter dari Trio Puncak (4717 m) Pada jaman penjajahan Belanda, Gunung ini dinamai Gunung IdenBurg. Gunung ini berlokasi di bagian Barat Pegunungan Maoke di Papua. Letak Gunung ini hanya Sekitar 21 km di Timur Laut Puncak Jaya, Mungkin Karena Mereka Masih satu Saudara :v

5. Gunung Yamin ( 4595 m )

Gunung Yamin

Merupakan Gunung Tinggi lainnya yang sangat Kokoh dan Luar biasa, Memiliki Tinggi 4595 m, Gunung Yamin Menduduki Posisi Tertinggi Ke Lima di Indonesia. Peneliti Pernah menemukan Fosil kerang Laut di Puncaknya, Coba Bayangkan Darimana Datangnya,wkwk. Dan Lokasi Gunung Luar Biasa ini adalah............... Papua -_-

6. Gunung Kerinci ( 3805 m )

Gunung Kerinci

Gunung Kerinci atau Puncak IndraPura, Adalah Gunung Tertinggi Ke 6 Di Indonesia dan Gunung tertinggi Di Sumatra. Dengan Ketinggian 3805 m, Gunung ini juga dikenal Sebagai Puncak IndraPura. Oiya, Karena Letaknya diluar Papua, Gunung Kerinci Menjadi Juaranya Gunung Diluar Papua ( Karena dia Paling Tinggi ). Pendakian Pertama Gunung ini Dilakukan Pada Tahun 1877. Gunung ini Dikelilingi Taman Nasional yang berbentuk Hutan Lebat Kerinci Seblat yang merupakan Habitat Harimau dan Badak Sumatra, Jadi Pendaki harus Hati-hati ya. Terakhir Meletus ditahun 2009, Gunung Kerinci Adalah Gunung Berapi yang Masih Aktif.

7. Gunung Rinjani ( 3726 m )

Gunung Rinjani

Terletak di Nusa Tenggara Barat, Gunung Rinjani Menempati posisi ke 7 di Gunung Tertinggi di Indonesia dan Posisi ke 2 Gunung Berapi Tertinggi di Indonesia. Dengan Ketinggian 3726 m, Gunung ini Menjadi Favorit Pendaki karena Pemandangan di sana Luar Biasa Indah. Gunung ini Juga merupakan Bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani. Hebatnya Gunung Rinjani terletak di 3 Kabupaten yang Berbeda, yaitu Lombok Barat, Lombok Tengah, Dan Lombok Timur.

8. Gunung Semeru ( 3676 m)

Gunung Semeru

Tak Mau Ketinggalan, Pulau Jawa juga Mempersembahkan Gunung Terbaiknya, yaitu Gunung Semeru. Menempati Posisi ke 8 Sebagai Gunung Tertinggi di Indonesia, Gunung Semeru memiliki Tinggi 3676 m. Gunung ini adalah Gunung Api dan Letusan terakhirnya pada Tahun 2008. Gunung ini juga merupakan Gunung Tertinggi di Pulau Jawa. Gunung Semeru adalah Gunung Berapi Tertinggi Ketiga setelah Gunung Kerinci dan Rinjani

9. Gunung Sanggar ( 3492 m )

Gunung Sanggar

Mungkin Banyak yang tidak begitu mengenal gunung ini, Karena Sama-sama terletak Di Nusa Tenggara Barat, Popularitas Gunung ini Terkalahkan oleh Gunung Rinjani. Padahal Gunung ini cukup Indah apalagi sensasi Di Atas Awannya yang Luar Biasa dengan Ketinggian 3492 m. Kalau Main ke NTB, jangan lupa Kunjungi Gunung ini ya, Jangan Rinjani Terus... :D

10. Gunung Latimojong ( 3478 m )

Gunung Latimojong

Terletak di Sulawesi Selatan, Gunung Latimojong Menduduki Posisi Ke Sepuluh dengan Ketinggian 3478 m. Gunung ini Letaknya tepat di Tengah-tengah Sulawesi Selatan. Puncaknya dinamai Rante Mario yang merupakan Puncak Tertinggi di Sulawesi Selatan.

11. Gunung Slamet ( 3428 m )

Gunung Slamet

Sudah Ketahuan dari Namanya, Kalau Gunung ini Berada di Pulau Jawa. Merupakan Gunung Tertinggi Kedua di Jawa Setelah kakaknya, Semeru.Gunung ini Terletak diantara 5 Kabupaten yang berbeda yaitu Banyumas, Brebes, Purbalingga, Pemalang, Dan Tegal. Gunung Berapi ini Masih Aktif hingga Sekarang. Gunung ini Cukup Populer didaki Walaupun Sebenarnya Treknya Cukup Sulit. BatuRaden yang merupakan Kawasan Wisata Andalan Banyumas Terletak di Kaki Gunung ini. Puncak Gunung Slamet Sendiri Dinamai Tugu Surono. Aktivitas Terakhir Gunung Slamet Adalah Pada Tahun 2009 Yaitu Ketika Gunung ini Terus-menerus Mengeluarkan Lava Pijar dari Bulan Mei hingga Juni. Gunung Slamet Sendiri pernah Meletus di Tahun 1999.

Gunung-gunung Tinggi diatas sebenarnya Mengingatkan Kita akan Kuasa Allah SWT yang Luar Biasa. Apakah Kita Masih Pantas Menyombongkan Diri? Padahal Kita sangat Kecil Bila dibandingkan Apa yang telah Diciptakan OlehNya.

Bagaimana Kawan? Sudah Siap mendaki? Angkat Ranselmu!
Jangan Lupa tujuan Utama Mendaki Adalah untuk lebih Mengagumi CiptaanNya, Bukannya malah Merusaknya dengan membuang Sampah Sembarangan, Merusak Tanaman atau Tumbuhan dan Sebagainya. Perlakukan Alam Sebagaimana kamu memperlakukan Diri Sendiri. Jadilah Pendaki yang Benar-benar Pendaki, Bukan Cuma Pendaki Kertas!


0 Response to "11 Gunung Tertinggi di Indonesia yang Cocok Untuk Didaki"

Posting Komentar